Tuesday, November 10, 2015

Masakan Rumah : Sehat & Nikmat tanpa MSG

Masak?? Hmm….yang kebayang jangan ribetnya yah he.he Saya sendiri nggak jago masak, tapi saya senang dengan masakan rumah. Sejak kecil lidah saya terbiasa oleh masakan ibu saya yang apabila memasak tanpa menggunakan MSG, ya malaupun kadang si embak yang dulu bantu-bantu di rumah juga tidak jarang menggunakan MSG sebagai penyedap.

Tapi untungnya saya nggak rewel dengan rasa. Sejak hidup sendiri alias kost, saya jadi lumayan sering memasak, yah walau buat diri sendiri. Yah, saya memang tidak mahir memasak seperti Mama dan adik perempuan saya, karena saya agak sedikit tomboy. Beberapa tahun terakhir ini saya keranjingan bikin masakan, saya coba cari resepnya di google lalu mempraktikkannya. Hasilnya, lumayan lah buat pemula seperti saya he.he Dulu di otak saya, memasak itu ribet, hmm tapi ternyata menyenangkan, apalagi kalau ada yang meng-apresiasi positif tentang masakan kita, jadi tambah semangat masak dech.

Saya sendiri orangnya suka sekali ngemil, tapi kebiasaan ngemil saya buruk. Kalau sedang di luar sering beli makanan siap saji atau berbagai jenis kripik. Hal itu pelan-pelan saya kurangi, kadang saya menggantinya dengan buah atau cake. Saya sebenarnya penggemar berat berbagai jenis roti, walaupun bukan kategori cemilan ringan he.he saya sebut saja KUDAPAN.

Apa sich manfaatnya masak sendiri?

1. Belajar management (dapur) memasak juga butuh kedisiplinan, apalagi yang kita masak lebih dari satu menu. Dari menyiapkan bahan, alat yang dipakai, penyajian, sampai dapur kembali bersih. Terutama kita yang tidak banyak waktu luang, harus bisa dengan cermat membuat masakan yang tidak memakan banyak waktu.

2. Bisa memilih sendiri bahan segar yang ingin kita masak. Pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan yang ingin kita olah juga kegiatan yang menyenangkan selain kita bisa memilih bahan makanan yang kondisinya baik.

3. Memasak dengan cara sehat. Dengan menggunakan peralatan masak dan makan kita sendiri, kita tahu bagaimana tingkat kebersihan makanan yang kita proses. Apalagi kalau kita memasaknya tanpa menggunakan MSG, akan jauh lebih baik.

4. Menyenangkan orang yang kita sayang. Memasak juga menjadi salah satu cara kita untuk menyenangkan orang-orang yang kita sayang. Tidak ada merubah kebiasaan beli makanan dari luar, yang belum tentu sehat.

Apa sich rahasia agar masakan rumah tetap enak dan nikmat tanpa MSG?

Buat teman-teman yang ingin memasak, jangan bangga melihat iklan di televise yang menampilkan anak-anak makan dengan lahap karena ibunya menambahkan penyedap rasa kedalam masakannya. Itu seperti orang yang tidak percaya diri dengan masakannya sendiri. Saya mau berbagi tips umum yang bisa menambah nikmat masakan tanpa menggunakan MSG.

1. Atur komposisi : antara bahan dan bumbu haruslah seimbang perbandingannya.

2. Lebihkan sedikit porsi pada bumbu. Hal ini saya rasa lebih efektif menambah rasa masakan lebih kuat.

3. Tambahkan secukupnya gula pasir pada masakan sebagai pengganti MSG.

Semoga tips di atas bermanfaat. Pastilah menyenangkan bila kita juga mengajak orang-orang yang kita sayang untuk merubah pola hidup sehat dengan memulai masakan sehat.

0 comments:

Post a Comment