Thursday, November 5, 2015

A Little Escape : Menonton sebuah Pertunjukan

Apa sich pentingya kita menonton sebuah pertunjukan. Baik itu pertunjukan Seni Tradisi, Kontemporer, atau Modern. Apapula yang kita dapat ketika menonton sebuah pertunjukan?
1. Refreshing.

Yeay, weekend telah tiba! Mau kemana kita? Hmm hanya dengan mendengar kata ‘weekend’ saja kita akan merasa senang. Tapi kadang kita bingung, apa yang hendak kita lakukan ketika weekend, apakah hanya tidur seharian di rumah atau hanya bermalas-malasan. Mungkin juga pergi ke Mall, belanja, makan, atau nonton film. Bisa juga sich dilakukan, tapi ada alternative lain yang bisa kita lakukan dan tidak kalah menyenangkan lho! Yap…menonton sebuah pertunjukan Seni Tradisi, Kontemporer, atau Modern bisa jadi pilihan kita dikala weekend tiba. Ini juga salah satu bentuk refreshing yang bisa kita lakukan.

2. Memanjakan Indrawi Kita.

Menonton adalah sebuah kegiatan di mana kita duduk dan menikmati ‘suguhan’ yang dihidangkan dihadapan kita dalam bentuk aksi – reaksi – sensasi. Pengalaman itulah yang akan masuk dalam diri dan pikiran kita dan memanjakan indrawi yang kita punya. Mata jelas akan dimanjakan dengan penampilan yang tidak biasa yang kita lihat dalam kegiatan kita sehari-hari, contonya kita melihat pertunjukan teater atau sendratari. Telinga kita akan mendengarkan bunyi-bunyian yang membuat kita rileks atau bahkan menggerakkan tubuh kita untuk menggoyangkan badan, misalnya menonton konser music kesukaan kita. Sensasi yang tidak kita dapat ketika hanya memutar lagu di-player music kita. Aroma lain juga bisa dapatkan ketika kita misalnya menonton pertunjukan tradisional, ada beberapa pertunjukan yang memasang aroma-aroma eksotik guna membangkitkan suasana di venue penonton yang membuat kita rileks dan menikmai pertunjukan.

3. Nguri-uri Kabudayan.

Dengan menonton pertunjukan tradisional kita juga bisa lebih menghargai budaya daerah yang kita miliki. Tidak melulu harus pergi ke pertunjukan yang mahal kan, walau sebenarnya kita bisa saja he..he.. Cukup pergi ke tempat-tempat pasar malam yang masih tradisional, melihat wayag orang, duduk beralaskan tikar, sambil makan kacang atau jagung rebus. Sederhana tapi kalau kita bisa menikmati akan menjadi pengalaman yang berbeda dalam hidup kita. Kita sebagai generasi muda juga harus bangga dengan kebudayaan tradisional kita. Orang asing saja harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit bila ingin melihat pertunjukan tradisi di Negara kita. So, jangan malu tapi bebanggalah dating dan menikmati seni tradisi.

0 comments:

Post a Comment