Tuesday, January 30, 2018

Cemilan ala Korea : Tteokbokki buatan Rumah

Buat pecinta Drama Korea, pastilah tidak asing dengan cemilan orang Korea ini. Yup, namanya Tteokbokki atau biasa disebut Kue Beras. Saya sering penasaran, gimana sih rasanya. Akhirnya saya mencoba beli di salah satu restoran yang menyediakan masakan Korea. Hmm, rasa penasaran saya terbayar. Ternyata 'begini' rasanya. Tapi, saya measa tidak puas. Karena jika beli di restoran harganya cukup mahal dengan porsi yang sedikit. Akhirnya saya googling, cari-cari resep tteokbokki ala orang Indonesia tentunya....he.he.he




Resep Tteokpokki ada Dapur Gendies :

Tteok (Bisa menggunakan Tteok instan/ jadi yang dijual di Supermarket)
-Tepung Beras 250gr
-Tepung Tapioka 2 sendok makan
-Garam (secukupnya)
-Air Panas

Saus Tteokpokki
-Gochujang 1 sendok makan
-Saus Sambal Belibis 4 sendok makan
-Bawang Putih 2 siung
-Bawang Bombai 1
-Daun Bawang
-Garam
-Gula Pasir
-Tepung Maizena

Pelengkap
-Biji Wijen
-Kimchi (saya biasa beli Kimchi jadi merk Ommason bisa dibeli di supermarket seperti Hypermart)

Cara Pembuatan
Tteok : Campur tepung beras, tepung Tapioka, sedikit garam. Aduk rata, masukkan air mendidih. Aduk sampai kalis, pilin menjadi panjang-panjang atau sesuai selera. Rebus kembali pada air mendidih yg dicampur sedikit minyak agar tak lengket. Jika sudah terapung, angkat dan tiriskan. Lalu potong-potong sesuai selera juga.

Saus Tteokpokki : Masukkan Bawang putih yang sudah diiris kasar dn bawang bombai, tumis sampai harum, tambahkan air. Masukkan Gochujang, saus Belibis, aduk sampai rata. begitu mendidih masukkan garam dan gula pasir, aduk rata kemudian masukkan tteok yang sudah jadi. Kalau dirasa bumbu sudah meresap, masukkan larutan tepung maizena supaya aus mengental. Angkat dan sajikan dengan potongan daun bawang, wijen, dan nikmati bersama Kimchi selagi hangat.
Selamat mencoba :)

0 comments:

Post a Comment